Semakin berkembang pasar digital yang memiliki potensi besar dalam membangun sistem perdagangan dan perekonomian di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan asing untuk berinvestasi, salah satunya adalah RetailNext, sebuah perusahaan Informasi Teknologi (IT) asal Silicon Valley.

Pada investasinya di Indonesia, RetailNext menggandeng perusahaan lokal yaitu PT Relindo Prima Solusitama (RPS) yang memiliki pangsa pasar luas di bidang industri ritel dan manajemen properti, RetailNext dan PT Relindo Prima Solusitama bekerjasama karena melihat salah satu permasalahan industri ritel “offline” yang kurang memiliki daya saing ketika berkompetisi dengan online shop atau e-commerce.

“Pasar ritel di Indonesia menyimpan potensi yang besar, besaran populasi dan bertumbuhnya kelas menengah di Indonesia menjadikan pasar ini menjanjikan,” kata Founder & CEO RetailNext, Alexei Agratchev di Jakarta pada Jumat (01/04/2016) lalu.

Menurut Alexei, kehadiran Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang pernah datang ke Silicon Valley memperkenalkan Indonesia serta menjelaskan perkembangan perekonomian Indonesia juga salah satu yang mendorong RetailNext berinvestasi dengan bekerjasama dengan PT Relindo Prima Solusitama.

“Latar belakang kami hadir di sini juga berkat kehadiran Presiden Joko Widodo ke Silicon Valley beberapa waktu lalu, dari sana kami jadi mengetahui pasar ini,” ungkap Alexei.

RetailNext hadir sebagai perusahaan yang bergerak di jasa analisis in-store yang komprehensif di bisnisnya, mereka menawarkan produk sistem informasi yang menyasar para pelaku industri ritel yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui platform analisis.

Sistem analisis yang dibangun oleh RetailNext ini mencakup analisis jumlah pelanggan, kebiasaan pelanggan, berapa lama waktu yang mereka habiskan untuk melihatlihat sebelum membeli, hingga menganalisis traffic calon pembeli pada jam-jam tertentu.

“Kami menggunakan teknologi berupa sensor, baik itu sensor berupa kamera, bluetooth, maupun WiFi, selanjutnya sensor yang dipasang di toko dan akan menganalisis setiap kegiatan konsumen yang datang, proses analisis dimulai dari menganalisis hasil video yang diintegrasikan dengan sistem buatan kami,” jelas Alexei.

Pada kesempatan yang sama Presiden Direktur PT Relindo Prima Solusitama (RPS) Andreas Kartawinata mengatakan, kompetisi persaingan peritel offline dengan online kian ketat, sayangnya, pergerakan peritel offline di Indonesia kurang agresif dibanding dengan para pelaku e-commerce.

“Peritel online pun diuntungkan dengan kemampuan menganalisis konsumen dengan lebih cepat namun offline tidak, oleh sebab itu, RetailNext hadir untuk membantu peritel offline untuk menganalisis konsumen berbasis penggunaan video,” kata Andreas Kartawinata.

Ke depannya diharapkan kerja sama ini mampu menghasilkan sebuah aspek alih pengetahuan dan teknologi, bukan sekadar bisnis.

“Model bisnis yang kami tawarkan adalah sewa, dalam berbisnis, kami bukan sekadar menjual solusi saja tapi, kami juga melakukan edukasi kepada pelaku industri ritel secara langsung maupun menggandeng asosasi seperti APRINDO (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia), diharapkan para peritel akan semakin melek teknologi dan semakin berdaya saing dengan toko online yang terus menjamur,” pungkas Andreas.

Source : http://bronline.co/retailnextdanrpssolusiindustririteloffline/

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

Log in with your credentials

Forgot your details?